Rabu, 10 Februari 2016

PROFIL SMK NEGERI 5 SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

PROFIL SMK NEGERI 5 SAMARINDA
















PROGRAM KEAHLIAN:


1. PERAWATAN SOSIAL
2. ADMINISTRASI PERKANTORAN
3. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
4. MULTIMEDIA
5. PEMASARAN


Nomor Statistik Sekolah : 75.19.60.01.002
Nomor Pokok Sekolah Nasional : 30401071




Alamat : Jl. K. H. Wahid Hasyim (Eks. M. Yamin) No. 75 Telp. (0541) 735338 / 765005 Sempaja Samarinda.

Email : smkn5samarinda@ymail.com Website : www.smkn5-samarinda.sch.id
Samarinda - Kalimatan Timur
MOTTO
“Handal dan Terpercaya”





VISI
“Unggul Dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah Yang Mandiri, Kompeten, Beriptek, dan Berimtaq”



MISI


a. Optimalisasi Proses Belajar Mengajar dan Kegiatan Belajar Mengajar.
b. Mencetak tamatan yang berjiwa Interpreneur.
c. Meningkatkan dan mengoptimalkan Potensi dan Sumber Daya Sekolah.
d. Meningkatkan kualitas, kuantitas dan kesejahteraan Guru dan Pegawai.
e. Menghasilkan tamatan yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, mengoperasikan Komputer dan Internet.
f. memfungsikan SMK Negeri 5 Samarinda sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan (PPKT), Community College (CC) dan Crisis Center.




A. Sejarah Singkat Berdirinya SMK Negeri 5 Samarinda


Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 (SMKN 5) Samarinda berdiri pada tahun 1982 merupakan sekolah swasta yang bernama Sekolah Menengah Pekerjaan Sosial (SMPS) satu-satunya sekolah yang ada dipropinsi Kalimantan Timur dan pada tahun 1992 statusnya berubah dari swasta menjadi negeri, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 02.16/0/1992, tanggal 5 Mei 1992 terhitung tanggal 1 April 1992, selanjutnya sesuai dengan UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistim Pendidikan Nasional, maka sejak tahun 1997/1998 sekolah ini berubah lagi namanya menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Samarinda. Sekolah ini dari awal berdirinya sampai dengan sekarang telah dipimpin sebanyak 3 orang yaitu :











Dalam proses kepemimpinan di SMK Negeri 5 Samarinda juga terjadi Pelaksana Harian (Plh) yaitu ; Ibu Nurfuaddiyah, S.Pd pada tahun 2006 selama beberapa bulan semenjak berahkirnya masa jabatan Bapak Abdul Salam Manan, SE. MM dan Selanjutnya Plt. Bapak H. Sunardi, M.Pd sampai dengan Kepala Sekolah depenitif yaitu Bapak Drs. Sucipto, MM. Pada masa jabatan Bapak Drs. Sucipto, MM mulai tahun 2006 hingga 31 Mei 2012.
Selanjutnya SMK Negeri 5 Samarinda dipimpin lagi Plh berdasarkan SK dari Walikota Samarinda yaitu Bapak. H. Sunarso, SE, MM hingga Bulan September 2012 dan kemudian selanjutnya Bapak Mohamad Daroini, S.Pd selaku Plh hingga akhir bulan Nopember dan dilanjutkan Bapak. Drs. H. Manaris Tampubolon, M.Ap.


Pada tanggal 4 Januari 2013 berdasarkan Keputusan Walikota Samarinda tentang Pengangkatan dan pemberhentian PNS Guru Sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri Dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Maka Kepala SMK Negeri 5 Samarinda sekarang yaitu Bapak Drs. Muhajiyanto, M.Pd. Pembina / Iva, NIP. 19610312 198303 1 019.






Pada tanggal 4 Januari 2013 berdasarkan Keputusan Walikota Samarinda tentang Pengangkatan dan pemberhentian PNS Guru Sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri Dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Maka Kepala SMK Negeri 5 Samarinda sekarang yaitu Bapak Drs. Muhajiyanto, M.Pd. Pembina / Iva, NIP. 19610312 198303 1 019.


A. Keadaan Sekolah


1. Kurikulum
Pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013
2. Tenaga Guru
Jumlah Guru sebanyak 60 Orang
3. Staf Tata Usaha
Jumlah staf tata usaha dan sebanyak 17 Orang


4. Jurusan / Program keahlian
· Perawatan Sosial (PS)
· Sekretaris / Administrasi Perkantoran (AP)
· Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
· Multi Media (MM)
· Pemasaran (P)










5. Siswa
a. Kelas I 366 Orang
b. Kelas II 367 Orang
c. Kelas III 352 Orang
JUMLAH 1.085 Orang


6. Jumlah Kelas
Jumlah rombongan belajar seluruhnya 30 terdiri dari kelas I, 10 kelas, kelas II, 10 kelas, kelas III 10 kelas.




7. Fasilitas Praktek
Terdiri dari Laboraturium Praktik :
a. Lab. Komputer



b. Lab. Bahasa








c. Lab. Teknik Komputer dan Jaringan
d. Lab. Multi Media
e. Lab. Mengetik







A. Menuju Keunggulan Kompetitif
Untuk mewujudkan VISI dan MISI SMK Negeri 5 Samarinda diperlukan kegiatan yang berwawasan keunggulan. Berbagai bidang keahlian dikembangkan dengan menyesuaikan tuntutan dunia kerja.
a. KBM
1. Workshoop
Setiap menjelang tahun pelajaran baru diadakan workshoop penyusunan program pengajaran bagi para guru.
2. Tiga pilar KBM
Agar KBM sukses, ditegakkan tiga pilar penyangga KBM yaitu :
· Moduler
· Kompetensi
· Kompetitip
3. Siswa yang belum mencapai nilai kompetensi yang ditetapkan sekolah, dilaksankan perbaikan dan pengayaan
4. Komitmen
Semua warga SMK N 5 sepakat bahwa proses belajar mengajar ditempatkan di atas segala-galanya
5. Kelompok Belajar



6. Orientasi Perpustakaan
Usaha menumbuhkan minat baca para siswa dilakukan secara nyata yaitu
dengan menjadwalkan kegiatan Orientasi Perpustakaan selama 1 jam pelajaran perminggu.





a. Pendidikan Sistem Ganda (PSG)


Pendidikan Sistem Ganda yang bercirikan Praktik Kerja Industri bagi para siswa sebagai bagian dari KBM dilaksanakan secara terprogram.
1. Pengkoordinasian Praktik Kerja Industri
Sebelum melaksanakan praktik industri siswa melaksanakan praktik di sekolah
2. Pemprograman Bersama
Program Praktik Industri dibuat bersama antara sekolah (guru pembimbing) dengan indrustri agar apa yang akan dikerjakan siswa selama praktik indrustri bisa diketahui bersama.
3. Guru Tamu
Mendatangkan guru tamu yang akan memberikan informasi tentang dunia indrustri sangat berguna bagi siswa untuk memperluas wawasan.
4. Uji Kompetensi
Uji Kompetisi dilaksanakan oleh organisasi profesi agar siswa benar-benar mendapat pengakuan dari DUDI


b. Kesiswaan
1. Promosi
Promosi ke SLTP saat menjelang kelulusan adalah sangat penting. Disamping memperkenalkan apa itu SMK, juga bisa untuk menjaring siswa berprestasi untuk masuk ke SMK.
2. Program Keahlian Pekerjaan Sosial, setiap tahun mengikuti lomba PKS (Promosi Ketrampilan Siswa) di tingkat Nasional.


3. Penerimaan Siswa Baru (PSB)
PSB dilaksanakan dengan melibatkan Komite Sekolah, LSM dan DUDI dalam kegiatan
v Menjadi Panitia
v Sponsorship




4. Kegiatan Ekstrakulikuler
· Marching Band “DINASTY”
· Tim Sepak Bola
· Tim Bola Volly
· Tim Bola Basket
· Band Siswa
· Kelompok Mading/Jurnalis
· Study Club (Matematika/ Bahasa Inggris
· Bela Diri Pencak Silat
· Cipta Remaja Ceria “CRC’
· Techno Team
· Pencinta Alam
· Teater
· PMR
· ITQON, Maulid Habsy, Rabana

5. Struktur organisasi OSIS




Struktur dan Uraian Tugas Pengurus OSIS



KETUA
Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana.
Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan.
Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan.
Memimpin rapat.
Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan.
Menyusun rencana kerja.
Melaksanakan kegiatan yang sudah ada.
Mengkoordinir kegiatan ekstrakulikuler.
Menjalin komunikasi dengan sekolah lain.
Bertanggung Jawab terhadap Pembina OSIS.





WAKIL KETUA
Bersama-sama Ketua menetapkan kebijaksanaan.
Memberikan saran kepada Ketua dalam rangka mengambil keputusan.
Menggantikan Ketua jika berhalangan.
Membantu Ketua dalam melaksanakan tugasnya.
Bertanggung jawab kepada Ketua.
Wakil Ketua bersama-sama dengan Wakil Sekretaris mengkoordinasi seksi bidang.
Melaksanakan program kerja OSIS.
Mengaktifkan kegiatan ekstrakulikuler.





SEKRETARIS I
Memberi saran atau masukan kepada Ketua dalam mengambil keputusan.
Mendampingi Ketua dalam memimpin setiap rapat.
Menyiapkan, mendistribusikan, dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan.
Menyiapkan laporan, surat, agenda dan hasil rapat serta evaluasi kegiatan.
Bersama Ketua menandatangani setiap surat.
Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi.
Bertindak sebagai notulis dalam rapat atau diserahkan kepada Wakil Sekretaris.
Membantu Ketua OSIS dalam pembuatan program kerja.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS.
Melaksanakan program OSIS.





SEKRETARIS II
Aktif membantu pelaksanaan tugas sekretaris.
Menggantikan Sekretaris jika Sekretaris berhalangan.
Membantu Wakil Ketua mengkoordinir seksi bidang.





BENDAHARA I
Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan/pengeluaran yang diperlukan.
Bersama Ketua menyusun anggaran belanja organisasi.
Membuat tanda bukti kuitansi setiap pemasukan/pengeluaran untuk pertanggung jawaban.
Bertanggung jawab atas inventaris dan pembendaharaan.
Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS.





BENDAHARA II
Aktif membantu pelaksanaan tugas Bendahara.
Menggantikan Bendahara jika Bendahara berhalangan.
Bersama bendahara membantu Ketua menyusun anggaran belanja organisasi.





KETUA KOORDINATOR SEKSI BIDANG I
Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan bidang yang menjadi tanggung jawabnya.
Melaksanakan kegiatan bidang yang telah diprogramkan.
Memimpin rapat bidang.
Menetapkan kebijaksanaan bidang dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan bidang kepada masing-masing koordinator seksi bidang.
Bertanggung jawab kepada Ketua OSIS.





KETUA KOORDINATOR SEKSI BIDANG II
Aktif membantu pelaksanaan tugas Ketua Koordinator Seksi Bidang.
Menggantikan Ketua Koordinator Seksi Bidang jika Ketua Koordinator Seksi Bidang berhalangan.





HUBUNGAN MASYARAKAT I
Membantu Ketua dalam pelaksanaan rapat atau kegiatan sebagai juru bicara.
Menjelaskan isi rapat kepada pengurus OSIS.





HUBUNGAN MASYARAKAT II
Membantu pelaksanaan tugas Ketua Humas
Menggantikan Ketua Humas jika Ketua Humas berhalangan.





SEKSI-SEKSI BIDANG

  • Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa 

Melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
Memperingati hari-hari besar agama.
Mengadakan kegiataan bakti sosial yang bersifat keagamaan.
Mengadakan lomba-lomba yang bersifat keagamaan.
Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai norma agama.
Membina toleransi kehidupan antar umat beragama.
Mengembangkan dan memberdayakan keguatab keagamaan di sekolah.
Membuat laporan kegiatan.
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS.

  • Kehidupan Berbangsa dan Bernegara 

Melaksanakan bakti sosail atau masyarakat.
Memelihara kelestariaan dan keindahan lingkungan sekolah.
Melaksanakan perlombaan antar sekolah.
Melaksanakan kegiatan bela Negara.
Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan.
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS.
 
  • Pendidikan dan Pendahuluan Bela Negara 
Melaksanakan tata tertib sekolah.
Mengadakan perlombaan mata pelajaran antar kelas.
Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhaap Ketua OSIS.
Berorganisasi, Pendidikan, Kepemimpinan, dan Politik
Memantapkan dan mengembangkan program organisasi
Melaksanakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa.
Menyelenggarakan forum diskusi ilmiah.
Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing
Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan professional.
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS.

  • Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur 

Melaksanakan tatanan kehidupan yang berjiwa Pancasila.
Melaksanakan tata karma siswa.
Memberikan contoh yang baik kepada seluruh siswa.
Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah
Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan.
Menumbuh kembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama.
Menumbuh kembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah.
Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS.

  • Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi 

Menyelenggarakan lomba olahraga
Menyelenggarakan festival dan lomba seni.
Mengaktifakan prestasi di bidang olahraga.
Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain.
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS
 
  • Keterampilann dan Kewirausahaan 

Membuat keterampilan dengan barang bekas.
Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kopetensi siswa.
Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi.
Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa.
Menyiapkan persiapan acara dengan kegiatan OSIS.
Membantu seluruh seksi bidang dalam kegiatan setiap acara yang berhubungan dengan siswa.
Melaksanakan program OSIS.
Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS.
 
  • Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni 

Menyelenggarakan berbagai macam pelatihan seni dan budaya.
Menyelenggarakan berbagai macam pentas seni.
Menyelenggarakan lomba-lomba seni dan budaya.
Menyelenggarakan sanggar berbagai macam seni.
Mengkordnir kegiatan OSIS.
Menyelenggarakan acara kesenian di sekolah.
Melaksanakan program OSIS
Bertandung jawab terhadap Ketua OSIS



















h. Unit Produksi & Koperasi
Unit produksi memiliki beberapa bidang usaha :
· Tempat Penitipan Anak (TPA)
· Play Group
· Cleaning Service dan Telepon Dering
· Rental Komputer dan Warnet (Rencana)
Koperasi Pegawai Negeri bergerak dibidang Simpan Pinjam dan sembilan bahan pokok.


i. Pengembangan SDM
Dalam upaya pembinaan terhadap guru, dan TU terutama dalam memahami VISI dan MISI SMK Negeri 5 Samarinda diadakan dengan beberapa cara :
1. Memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
2. Diklat guru sesuai guru sesuai dengan keahliannya
3. Studi banding ke sekolah dan institusi lain.
4. Mendatangkan tanaga ahli sesuai dengan program keahlian yang ada di SMK Negeri 5 Samarinda.

http://smkn5official.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar